Blue Core, Rahasia Yamaha Bikin Motor Irit

Anugerah Inti – Salah rahasia yang bikin berbagai motor Yamaha keluaran terbaru bisa dibilang irirt adalah teknologi yang disebut Blue Core. Beberapa varian motor matic Yamaha yang sudah ditanamkan teknologi satu ini seperti All New Soul GT, Mio M3 125 dan NMAX. Tidak sekedar label, Blue Core ini merupakan inovasi terbaru Yamaha di sisi mesin.

Blue core menjadi jawaban Yamaha atas banyaknya permintaan konsumennya untuk menghadirkan mesin dengan ferforma agresif namun tetap irit bahan bakar. Untuk mendapatkan teknologi ini Yamaha merekonstruksi mesin yang sudah ada mulai dari awal. Hingga menghasilkan sebuah mesin baru yang dinamakan Blue Core.

blue core

Teknologi Blue Core menyempurnakan proses pembakaran hingga mampu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar hingga 50%. Jarak tempuh jadi bisa lebih jauh. Untuk membuktikannya, Mio M3 125 dinyalakan non-stop selama 30 hari di Universitas Pancasila – Jakarta Selatan.

Pengujian dilakukan dengan memasang Mio M3 pada alat dyno test dan diikat tali bertekanan setara pengendara berbobot 60 kg. Lalu diberikan kipas angin / blower sebagai analogi arah angin berlawanan saat berkendara. RPM disetel di angka 4.500 atau setara 50 km/jam.

Setelah dinyalakan non-stop selama 30 hari, Mio M3 125 menempuh jarak kurang lebih 36.000 km. Total bahan bakar yang dihabiskan adalah 445 liter. Artinya, konsumsi bahan bakar Mio M3 125 dengan teknologi Blue Core itu berhasil mencapai 80,9 km/liter!

Meski irit, matic berteknologi Blue Core mampu lari kencang. Ini dikarenakan teknologi Blue Core menjaga suhu lebih stabil dan mengurangi gesekan sehingga memaksimalkan performa mesin. Teknologi Blue Core mampu membuat performa mesin lebih bertenaga karena didukung oleh teknologi balap Yamaha.

Semua ini membuat mesin matic terbaru Yamaha 3x lebih kuat, awet dan ringan. Mesin jadi tetap andal meski dipakai terus menerus dalam jangka waktu lama. Biaya perawatan pun berkurang sehingga Anda bisa berhemat lebih banyak.

Blue core sebenarnya merupakan penyempurnaan mesin terdahulu dari Yamaha, penyempurnaan mesin yang paling signifikan terletak dibagian pembakaran, sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa jauh lebih irit, di sisi lain tenaganya juga bisa lebih besar.

Penyempurnaan disistem pembakaran dimesin terbaru Yamaha ini dengan cara mengganti tipe ruangnya dari pen floor yang mirip atap rumah menjadi hemispherical (combustion chamber) atau setengah lingkaran.

Selain itu perubahan lainnya yakni bahan logam pembentuk silinder beralih menjadi alumninium atau yang dikenal dengan teknologi forged piston dan diasil. Teknologi sebenarnya mengadopsi mesin yang dipakai pada motor balap Yamaha, kemudian diterapkan pada motor-motor baru Yamaha saat ini.

Aluminium yang lebih ringan pada silinder, juga membuat pelepasan panas jadi lebih baik. Apalagi motor Yamaha saat ini sudah menggunakan sistem injeksi. Perubahan pada piston dan silinder ini juga membuat gesekan antar mesin jauh berkurang.

Pada sistem pendingin mesin, pabrikan berlogo garpu tala ini bahkan membuat motor berteknologi Blue Core memiliki kipas pendingin lebih besar, kemudian sirip-sirip pendingin dibuat lebih tipis namun jumlahnya lebih banyak sehingga pelepasan panas bisa lebih optimal.

Selain itu Yamaha juga menyematkan teknologi oil jet piston fuel, dimana ada jalur khusus minyak pelumas di bagian bawah piston yang bisa menyemprot ke atas.

Dengan Blue Core, motor Yamaha jauh lebih irit dengan pemakaian 1 liter BBM bisa digunakan untuk menempuh 50-60 km, bahkan bisa di atas 70 km jika pengendara konsisten mengendarai motor pada mode eco riding dan kondisi jalan yang baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *