Hal yang Perlu Diperhatikan saat Klaim Asuransi Kendaraan MSIG

Anugerah Inti – Memiliki asuransi untuk kendaraan, bila terjadi sesuatu tentu Anda harus melakukan proses klaim pada perusaahan asuransi tersebut. Salah satu perusahaan yang banyak digunakan untuk melindungi kendaraan adalah MSIG. Proses klaim asuransi pada kendaraan harus diperhatikan baik. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat klaim asuransi kendaraan.

asuransi kendaraan

Cara Pengajuan Klaim

Hal yang perlu diperhatikan saat akan mengajukan klaim asuransi dari kendaraan yang mengalami insiden atau musibah adalah dengan melaporkan klaim Anda tersebut melalui layanan call center dari MSIG yang siap membantu Anda dalam waktu 24 jam. Nomor yang dapat dihubungi yakni di (021)-29279636.

Setelah itu klaim center yang berasal dari MSIG akan memandu Anda pada langkah-langkah selanjutnya. Bila klaim yang akan dilakukan merupakan reimbursement, maka dapat secara langsung di informasikan ke email [email protected]

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Pengajuan Klaim

Barang yang paling penting saat Anda melakukan proses pengajuan klaim terhadap asuransi untuk kendaraan yang dimiliki adalah dokumen penunjangnya. Setiap akibat dari melakukan klaim asuransi tersebut memiliki dokumen yang berbeda-beda.

Bila proses klaim yang dilakukan dikarenakan adanya kerusakan, maka dokumen yang harus disediakan antara lain salinan polis asuransi, pengisian formulir notifikasi klaim kendaraan bermotor. Selain itu terdapat juga salinan STNK, salinan dari Surat Ijin Mengemudi dan foto-foto kerusakan yang terjadi.

Namun, bila pengajuan klaim diakibatkan oleh kerusakan yang berat dan mobil yang dicuri atau hilang, maka dokumen yang harus disediakan oleh Anda untuk pengajuan klaim tersebut antara lain salinan polis asuransi yang didapatkan saat beli asuransi mobil, pengisian formulir notifikasi klaim, kendaraan bermotor kunci duplikat.

Selain terdapat juga dokumen lainnya yakni STNK, BPKB, faktur pembelian mobil, salinan SIM, laporan dari kepolisian atau Polsek, 2 buah blangko kuintasi kosong. Kuitansi tersebut satu diantaranya diberikan stempel dan ditandatangani dan dicap oleh perusahaan asuransi. Dokumen lainnya yang juga tak kalah penting adalah foto-foto kerusakan dari kendaraan.

Jenis Klaim yang akan Dilakukan

Setalah Anda beli asuransi mobil, bila nantinya terjadi insiden yang tak diinginkan harus diketahui dengan baik kerusakan yang terjadi pada saat akan mengajukan klaim atas mobil tersebut. Jenis klaim yang pertama adalah atas kerusakan sendiri dengan jaminan komprehensif.

Pengajuan klaim atas kerusakan sendiri terhadap kerugian atau kerusakan pada kendaraan Anda yang terdapat pada polis, bila kendaraan yang Anda lindungi dengan polis yang didapat saat beli asuransi untuk mobil, maka Anda dapat segera untuk menghubungi hotline klaim perusahaan asuransi utnuk memberitahukan kecelakaan yang terjadi.

Bila kendaraan yang dimiliki oleh Anda mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan tersebut dan memerlukan perbaikan, maka Anda dapat megirim kendaraan yang dimiliki ke bengkel dan Anda dapat mengisi notifikasi klaim di sana. Setelah itu Anda harus mengisi dan melengkapi notifikasi kalim yang telah sesuai dan serahkan dengan dokumen.

Selain itu terdapat juga klaim pencurian, di mana Anda harus terlebih dahulu melaporkannya kepada polisi dan waktu 24 jam seperti yang telah disyaratkan pada hukum. Setelah itu, Anda dapat memberitahu pihak perusahaan asuransi. Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi formulir klaim dan melengkapi semua dokumen yang akan dibutuhkan.

Itulah hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan klaim asuransi kendaraan MSIG. Proses asuransi ini akan berjalan dengan lancar bila telah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan hal-hal tersebut. Prosedur yang dilakukan untuk proses pencairan juga tak akan menjadi berbelit-belit. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *