Jangan Panik, Inilah Cara Melacak Smartphone Android Samsung A10 Anda yang Hilang

Anugerah Inti – Smartphone sudah tidak dapat dipisahkan dari aktifitas sehari-hari. Kemanapun Anda pergi, Anda membutuhkan smartphone untuk menghubungi teman Anda, untuk mengabadikan momen dengan berselfie, untuk melihat postingan teman Anda, untuk mencari jalan pada map, dan masih banyak aktifitas lainnya. HP Samsung A10 bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda yang menyukai smartphone dengan fitur-fitur yang menarik.

Mengunjungi beberapa tempat wisata pada saat liburan merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti selfie dan memposting aktifitas liburan. Saking excitednya, Anda tidak ingat bahwa smartphone tertinggal atau bahkan tidak ada di tas Anda. Tentu hal ini akan menimbulkan kepanikan. Hal yang pertama biasa Anda lakukan yaitu meminta teman atau keluarga untuk menelpon ke nomor Anda.

Hal seperti ini seringkali terjadi khususnya pada mereka yang terlalu asik menikmati liburan. Tak hanya liburan, bahkan smartphone seringkali hilang pada kegiatan-kegiatan sepele. Kejadian seperti ini biasanya diakibatkan oleh keteledoran penggunanya sendiri, atau lebih parah smartphone itu dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena memungkinkan adanya penyalahgunaan smartphone yang dapat membahayakan Anda.

Sebelum menelpon polisi, ada baiknya Anda tetap tenang dan melakukan berbagai upaya pencarian. Siapa tahu smartphone Samsung A10 Anda tertinggal di hotel atau terjatuh di jalan. Jika tidak membuahkan hasil, maka cara ini bisa membantu menemukan smartphone android Anda, berikut ulasannya.

1. Lacak Menggunakan Google Maps dan Gmail

Menggunakan layanan Google Maps dan Gmail cukup efektif dalam mencari smartphone Anda yang hilang. Anda bisa meminjam smartphone teman atau keluarga, lalu kunjungi google.com/android/devicemanager, dan lakukan login ke akun Gmail Anda. Setelah itu, lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Pada halaman awal, Anda akan melihat beberapa menu yang memiliki berbagai fitur seperti kunci smartphone, putar suara untuk menderingkan smartphone, dan menghapus semua data pada smartphone Anda. Anda bisa memilih fitur mana yang akan digunakan untuk melacak smartphone.
  2. Klik ikon GPS untuk mengetahui lokasi smartphone Anda. Jika GPS pada smartphone tidak aktif, maka Anda tidak dapat melacak smartphone Anda. Namun jangan khawatir, Anda bisa menekan tombol erase sehingga pengaturan pada smartphone kembali seperti semula dan GPS pun otomatis menjadi aktif dan Anda langsung bisa mengetahui lokasi smartphone Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Find My Device

Untuk cara yang kedua ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Find My Device yang bisa Anda unduh di Play Store. Caranya yaitu buka aplikasi Find My Device, lalu login menggunakan akun Gmail Anda. Setelah itu smartphone akan otomatis terlacak keberadaannya. Agar lebih aman, Anda bisa mengunci smartphone dengan fitur ‘lock’.

3. Menggunakan Aplikasi Lain

Selain cara kedua di atas, ada cara lain yaitu menggunakan aplikasi lain untuk melacak Samsung A10 smartphone lainnya, diantaranya:

  1. Aplikasi Hidden Eye. Kelebihannya yaitu mampu mengambil foto sesorang yang dicurigai mengambil smartphone Anda. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur alarm yang akan menyala apabila si pencuri memasukkan password yang salah.
  2. Aplikasi Family Locator. Yang menarik dari aplikasi ini yaitu seluruh anggota keluarga dapat ikut mencari smartphone Anda yang hilang, sehingga pencarian menjadi lebih efektif.

Itulah beberapa cara untuk melacak keberadaan smartphone Anda yang hilang. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *