Komponen Komputer Yang Diperlukan Untuk Komputer Desain

sumber : teknojempol

Anugerah Inti – Ketika kamu ingin terjun ke dunia desain grafis tapi masih bingung tentang spesifikasi yang harus dipilih untuk komputermu. Kami sarankan lebih baik untuk merakit komputer desain grafis sendiri karena cenderung akan lebih murah daripada membelinya langsung. Karena jika kamu membeli secara langsung tanpa custom maka akan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Pasti kamu ingin merakit komputer desain sendiri tapi bingung apa saja komponennya? Tenang disini kami akan memberikan rekomendasi spesifikasi yang cocok untuk komputer desain grafis. Let’s Go!

Prosesor

Sumber : blog.dimensidata.com

Yang kamu perlukan untuk spesifikasi desain grafis pertama adalah prosesor dengan kinerja 6 core. Dengan processor 6 core ini kamu akan merasa lebih nyaman ketika mengerjakan desain dan tidak akan pernah menemukan yang namanya lag. Jumlah core yang lebih banyak dari processor akan meningkatkan kecepatan proses render. Dengan begitu pekerjaan kamu akan lebih efisien dan produktif.

Sebenarnya memiliki processor 4 core atau 2 core masih sanggup untuk mendukung pekerjaan desain grafis serta editing multimedia, asalkan project yang kamu buat tidak terlalu rumit dan tidak memakan kerja resource CPU yang terlalu banyak.

Kamu harus ingat, ketika memilih processor untuk mendukung pekerjaan desain grafis pilihlah yang diproduksi 3-5 tahun atau generasi terbaru. Karena apabila kamu memilih processor dengan generasi lama pastinya tidak akan bisa menunjang pekerjaan yang lebih berat apalagi performanya yang tertinggal.

Merek prosesor dan tipe yang cocok untuk mendukung desain grafis yaitu :

  • Seri Intel Coffe Lake
  • Core i7 -8700K dan Core i5-8400, -8600K
  • Seri AMD Ryzen
  • Ryzen 5 1600X

VGA (Kartu Grafis)

Sumber : jagatraya.com

Jika kamu ingin menghasilkan tampilan grafis yang bagus dan menarik, tentu kamu tidak boleh melewatkan penggunaan VGA dengan performa tinggi. Apabila kamu menginginkan hasil desain yang lebih detail dan ketelitian tinggi, perpaduan antara GPU dengan VGA yang bagus akan benar-benar dapat membantumu untuk hasil yang maksimal. Karena software yang diperlukan untuk desain modern akan lebih berjalan lancar jika menggunakan VGA yang mumpuni dan sanggup bekerja maksimal.

Untuk spesifikasi komputer desain grafis yang cocok, disini kami lebih merekomendasikan VGA card dengan kelas menengah ke atas. Karena kartu grafis atau VGA yang berspesifikasi kelas menengah ke atas telah memiliki sistem processing grafis yang lebih cukup tinggi dan juga akurasinya lebih presisi.

Merek VGA dan tipe yang kami rekomendasikan untuk komputer desain grafismu yaitu :

  • Seri AMD Radeon RX
  • RX 470, 570
  • Nvidia Geforce GTX 1060
  • AMD FirePro seri Wx000, contohnya W5000, W6000, W7000 dan lainnya.

RAM ( Random Access Memory )

Sumber : pcgamer.com

Hal terpenting ketika ingin menentukan PC dengan spesifikasi desain grafis yaitu menentukan memori RAM. Minimal kamu harus menggunakan memori RAM berkapasitas 16GB. Karena menurut kami dengan RAM berkapasitas 16GB akan lebih dari cukup sehingga dapat memenuhi keperluan desain grafismu. Tapi jika software yang kamu gunakan untuk desain berversi professional kami lebih merekomendasikan memakai RAM berkapasitas 8GB.

Gunakan memori RAM bartipe DDR4. Karena teknologi RAM bertipe DDR4 merupakan terobosan terbaru sehingga lebih mudah dicari di pasaran. Tetapi jika CPU yang kamu gunakan hanya mendukung memori RAM dengan tipe DDR3 gunakan yang harus dipasang secara multi-channel (dual, triple, quad) untuk mendukung proses produksi desain agar berjalan lebih optimal. Dengan RAM yang bermetode dual channel akan lebih mempercepat proses transfer data yang mampu meningkatkan kinerja komputer.

Selain itu komponen lain yang diperlukan antara lain : Layar monitor 20″ yang sudah dilengkapi sinyal digital, DVD-ROM, koneksi internet broadband LAN atau WiFi, perangkat audio yang standar, Keyboard dan mouse yang standar dan pilihlah motherboard unggulan dari merk AMD maupun Intel motherboard yang dikhususkan untuk desain.

Demikian beberapa komponen yang diperlukan ketika kamu ingin merakit komputer desainmu sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *