Makanan yang Bisa Menambah Kolin, Suplemen Alami Bagi Tubuh

Anugerah Inti – Kolin merupakan salah satu senyawa penting bagi tubuh yang bermanfaat untuk proses metabolisme, perkembangan sel-sel, transportasi nutrisi, hingga berbagai proses penting dalam tubuh yang tak terhitung lagi jumlahnya. Itulah alasan mengapa asupan senyawa yang satu ini cukup penting. Lantas dari mana kita bisa mendapatkan asupan senyawa ini?

kolin

Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang baik untuk Anda konsumsi setiap hari. Sebab pada umumnya susu mengandung 40 mg kolinyang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan jika sudah bosan dengan rasanya, Anda juga bisa beralih ke kefir atau yoghurt. Namun produk susu murni lebih disarankan karena belum terkena pasteurisasi sehingga nutrisinya masih utuh.

Kuning Telur

Tak hanya memiliki harga yang cukup terjangkau saja. Telur juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menyehatkan tubuh. Sebab dalam 1 butir telur mengandung sekitar 115 mg senyawa kimia yang satu ini. Terlebih lagi untuk telur ayam kampung yang memiliki nutrisi lebih tinggi. Itulah mengapa ibu hamil penting mengonsumsi 5-7 kuning telur setiap harinya.

Kacang-kacangan

Tak hanya murah, tahu dan tempe merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berbagai jenis makanan yang terbuat dari kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi setiap hari antara seperti kacang almond, kacang tanah, hingga biji bunga matahari. Jadi jangan lupa jadikan kacang sebagai camilan Anda ya.

Sayuran Kembang Kol, Brokoli, dan Daun Bayam

Tak perlu diragukan lagi jika sayuran yang berwarna hijau memang memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jadi jangan pernah lupa mengonsumsi setiap harinya agar kesehatan Anda tetap terjaga ya. Bahkan Anda juga bisa mengolahnya dalam bentuk oseng-oseng atau dipadukan dengan jenis sayuran lain untuk menambah variasi nutrisi dalam makanan Anda.

Hati Sapi

Ternyata kandungan senyawa kolin pada daging sapi tak sebanyak yang terkandung dalam hati sapi lo. Hati sapi cenderung memiliki jumlah yang cukup tinggi. Tak hanya melalui daging sapi saja, Anda juga bisa mendapatkan kandungan senyawa yang satu ini dari daging ayam atau hati kalkun yang kandungannya hampir setara dengan daging sapi.

Kacang Almond

Ya seperti yang sudah diketahui jika kacang-kacangan memang mampu menjadi pilihan yang tepat pengganti multivitamin yang bisa Anda konsumsi. Bahkan menurut sebuah penelitian dengan mengonsumsi 1,5 ons kacang almond, hal ini sudah ikut meningkatkan vitamin E, asam lemak, hingga magnesium dalam tubuh.

Kerang

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis makanan yang satu ini memang terbilang cukup banyak. mulai dari protein, mineral, hingga vitamin. Tak hanya itu saja, bahkan lemak juga kaya akan kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak. Dengan makan kerang seminggu sekali, hal ini dapat ikut menambah nutrisi dalam tubuh.

Quinoa

Meski bentuknya hampir menyerupai biji-bijian, namun jenis makanan yang satu ini bukan berasal dari biji-bijian lo. Jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, seng, hingga tembaga. Jenis makanan ini bisa Anda olah menggunakan tulang ayam yang mengandung mineral tinggi dan kaldu.

Nah, di atas merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan kolin.Mengingat senyawa yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting, pastikan Anda mencukupi kebutuhannya setiap hari. Di atas merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *