Perhatikan Ini Sebelum Beli Mobil Vios

mobil vios

Anugerah Inti – Siapa yang tak kenal dengan mobil vios, mobil yang sering dijadikan sebagai mobil taxi ini memang sangat popular di Indonesia. Namun karena umur pakainya tak relatif singkat yakni hanya sekitar 5 tahunan.

Hal itulah banyak mobil satu ini yang dijual. Berburu mobil second pilihannya bisa lari ke dealer mobil bekas. Untuk calon pengguna sedan, pilihannya lebih banyak karena bisa membeli bekas taksi. Toyota Vios bekas apabila berasal dari operasional taksi biasanya lebih murah.

Perusahaan taksi besar seperti Blue Bird Group, Gamya, Express dan beberapa taksi lokal kadang tidak menjual unitnya sebagai Limo, sebutan Vios untuk taksi dengan fitur ala kadarnya. Mereka tak jarang menjual unit ex-taksi sebagai Vios dengan melengkapi berbagai fitur demi memikat calon pembeli.

Mobil bekas takxi ini bukan berarti mobil yang tak layak jalan, mobil ini juga memiliki banyak fitur walaupun dijual dengan harga yang miring. Fitur yang dimiliki mobil ini mulai dari kabin yang sudah dilengkapi Auto AC (air conditioner) plus indikator digital. pengaturannya tidak hanya untuk suhu kabin, tetapi juga kecepatan blower, aliran udara AC Dual Zone Autoclimate, Auto Switch dan Destrosfer Switch. Pada Vios juga terdapat tombol smart start stop system yang memberikan kemudahan Anda, saat menghidupkan atau mematikan mesin.

Mobil bekas taksi dengan usia pemakaian 5 tahun dan biasanya telah mencapai lebih dari 200 ribu kilometer. Artinya, jarak tempuh mobil telah melebihi mobil pribadi. Mesin dan kaki-kaki telah bekerja melewati masa optimalnya.

Untuk itu, sebaiknya coba untuk test drive beberapa unit langsung, untuk mengetahui bagaimana akselerasi dan bantingan suspensinya dari tiap mobil. Bagian suspensi dan kaki-kaki biasanya jadi korban karena langsung berinteraksi dengan berbagai kondisi aspal.

Apabila membeli mobil langsung di perusahaan taksi, biasanya ada garansi tertentu. Bila mobil yang kamu pilih terasa tidak enak, ganti pilihan ke mobil lain dan lakukan test drive sampai benar-benar mendapat mobil yang nyaman dikendarai.

Saat menemui kekurangan-kekurangan kecil pada mobil, kamu bisa langsung komplain ke perusahaan taksi agar segera diperbaiki. Selebihnya, kamu tinggal melakukan perawatan rutin seperti ganti oli dan menambah beberapa cairan apabila kurang dari level minimum.

Bagi anda yang ingin membeli mobil bekas taksi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Jangan Terlena Harga Murah

Harga mobil bekas Taksi memang sangat murah, namun hal ini jangan sampai membuat sobat otomotif terlena. Pasalnya, harga mobil bekas Taksi akan mempengaruhi kondisi mobil yang sobat beli. Semakin mahal harganya tentu kondisinya semakin prima dan sobat akan mendapatkan mobil bekas dengan tahun produksi lebih muda. Selain itu, sobat juga harus menyiapkan uang lebih apabila nantinya ingin memodifikasi mobil yang sobat beli, karena rata-rata tampilan mobil bekas terlihat apa adanya, meski sudah melewati berbagai restorasi dari pihak penjualnya.

2. Cek Kondisi Mesin

Mesin merupakan bagian paling fital dari sebuah mobil. Walaupun rata-rata kilometer setiap mobil bekas Taksi mencapai 300 ribu kilometer, namun sobat tetap harus mengecek secara mendetail kehalusan mesin serta tenaga yang bisa dikeluarkannya. Jangan sampai membeli mobil bekas yang mengalami kerusakan pada bagian mesin, karena nantinya membutuhkan biaya perbaikan dan perawatan sangat banyak. Cara termudah untuk mengecek kondisi mesin adalah dengan cara mendengarkan suaranya, karena biasanya akan terdengar suara yang mengganggu apabila terjadi sebuah kerusakan.

3. Periksa Surat-Surat Kendaraan

Tips membeli mobil bekas Taksi selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap surat-surat mobil yang akan sobat beli. Kondisi surat harus sesuai dengan nomer rangka, nomer mesin, dan pastinya STNK serta BPKB. Biasanya perusahaan Taksi akan langsung membuat plat Hitam atas nama pembelinya, sehingga semakin mempermudah proses pembelian. Namun ada beberapa perusahaan yang mengharuskan balik nama sendiri, sehingga terasa lebih ribet. Dan yang tak kalah penting

4. Lakukan Test Drive

Nah yang paling terpenting dari tips membeli mobil bekas Taksi adalah melalukan test drive. Setelah semua kondisi mesin, kaki-kaki, chasis, fitur, dan interiornya soba cek, sekarang giliran sobat melakukan test drive untuk merasakan langsung kenyamanan mobil yang akan sobat beli. Rasakan pula tenaga dan torsi yang dikeluarkan. Jangan sampai sobat membeli mobil ngempos yang kurang bertenaga dan tarikannya terasa loyo. Rasakan pula suspensinya, apakah masih empuk atau keras, sehingga nantinya sobat tak perlu melakukan banyak perawatan setelah membelinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *